Jumat, 11 Desember 2015

Berita Teknologi Terkini

Berbagai Sistem Operasi yang Meluncur Selama 2015

Berbagai Sistem Operasi yang Meluncur Selama 2015
(Foto: Engadget)
CALIFORNIA - Selama 2015, terdapat peningkatan versi atau lahirnya OS terbaru. Perkembangan yang dinilai cukup signifikan, di mana selalu ada pembaruan dari waktu ke waktu.
Android
Sistem operasi (OS) Android dipakai lebih dari 1,4 miliar pengguna di seluruh dunia. Angka yang cukup fantastis, di mana OS tersebut tersebar di berbagai brand perangkat mobile.
OS Android mengalami upgrade yang cukup signifikan hingga saat ini. Di tahun ini, di mulai dari versi Lollipop 5.1.x yang rilis pada 9 Maret 2015. Pembaruan ini mendarat pertama kali pada beberapa handset, khususnya handset Nexus.
Seiring berjalannya waktu, Google merilis pembaruan besar yang mengarah pada kemunculan versi Android M atau Marshmallow. Versi Android tersebut cukup menyita perhatian publik, yang telah dinantikan sejak Maret hingga hadir 5 Oktober 2015.
Versi terbaru Android selalu menghadirkan peningkatan maupun perbaikan pada bug. Terkini, Google telah merilis versi 6.0.1 yang menawarkan penambahan emoji baru. Selain itu, terdapat fitur untuk mengakses kamera, di mana pengguna menekan tombol power dua kali sebagai shortcut menuju kamera.
Belum diketahui julukan untuk versi penerus Marshmallow. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa penerus Android Marshmallow akan mengusung inisial N. Seperti diketahui, Google menamakan versi Android mereka dengan nama-nama makanan.
Simak saja sejumlah nama seperti Cupcake, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, hingga KitKat dan Lollipop. Semua nama itu merupakan nama makanan manis dan penyebutannya berurutan dengan abjad.
iOS
Sistem operasi besutan Apple, iOS digunakan oleh perangkat mobile seperti iPhone. Di tahun ini, terdapat update iOS versi terbaru, yakni iOS 9.2 yang diluncurkan 8 Desember 2015.
Dengan iOS 9.2, Apple menghadirkan beberapa peningkatan. Serupa dengan versi iOS 9.1, versi terbaryu dari iOS membawa fitur baru, perbaikan serta patch keamanan.
Dengan versi terbaru ini, pengguna iPhone 4s juga dapat mencicipi update tersebut melalui iTunes atau Over-the-Air (Download).
Salah satu perbaikan adalah di bug yang mematikan pemberitahuan alarm tanpa sepengetahuan pengguna. Selain itu, fitur yang dibawa antara lain adalah perbaikan di Apple Music. Pengguna kini bisa menambahkan sebuah lagu dalam playlist sehingga playlist akan menjadi baru.
Salah satu fitur baru juga memungkinkan pengguna untuk memasukkan foto dari DSLR dalam perangkat iOS tanpa harus sinkron dengan komputer terlebih dahulu.
Masalah yang menyebabkan hasil pencarian dalam Kontak menjadi kosong telah ditangani. Apple kini juga memberikan dukungan Siri dalam Bahasa Arab.
Apple juga telah merilis watch OS 2.1 untuk Apple Watch. Pembaruan ini mencakup dukungan Siri untuk bahasa Arab, dan berbagai perbaikan bug.
Windows
Sistem operasi buatan Microsoft, Windows telah hadir dengan versi terbaru, Windows 10. Perusahaan asal Redmond itu sebelumnya mendengarkan banyak kritikan karena Windows 8 menghapus tombol Start Menu.
Melalui Windows 10 yang diluncurkan pada Juli 2015, publik berharap Windows 10 menghadirkan perubahan dan peningkatan. Tepatnya, 29 Juli 2015, Microsoft resmi menghadirkan Windows 10 di Indonesia.
Windows 10 resmi diluncurkan pertama kali di Selandia Baru, lalu disusul di Sydney, Singapura, lalu Indonesia. Versi Windows terbaru ini juga menghadirkan pembaruan dalam hal antarmuka (user interface).
Muncul tombol Start Menu yang dipadukan dengan gaya metro design, yang membuat Windows 10 cukup atraktif. Tidak hanya itu, terdapat fitur Cortana, yang dapat digunakan oleh pengguna Windows 10 sebagai asisten pribadi.
Pengguna dapat berinteraksi dengan Cortana seperti melakukan obrolan, memintanya untuk memutar musik, bernyanyi, bahkan menceritakan lelucon.
Windows 10 juga menghadirkan browser terbaru mereka, Microsoft Edge. Microsoft Edge memiliki kemampuan untuk mencoret, menggambar, dan memberikan catatan langsung di laman web.

0 komentar:

Posting Komentar