Sabtu, 05 Desember 2015

Smartphone Apple dan Google

Adu Gahar Smartphone Garapan Apple dan Google

Adu Gahar Smartphone Garapan Apple dan Google
Adu Gahar Smartphone iPhone 6s Plus versus Nexus 6P (Foto: Alphr)
CALIFORNIA – Laporan terbaru menyatakan bahwa perangkat Android dan iOS memiliki akun 98 persen di pasar smartphone, sehingga menjelaskan satu dari dua sistem operasi tersebut banyak digunakan masyarakat. Sebut saja handset terbaik dari iOS seperti iPhone 6s Plus dan Nexus P6 yang mewakili ponsel berbasis Android terbaik yang sempurna dari Google.
Untuk melihat lebih dalam rincian dari kedua perangkat Android dan iOS, mari menyimak perbandingan dari iPhone 6s Plus dan Nexus 6P berikut ini, sebagaimana disitat dari Alphr, Senin (30/11/2015).
Desain
Untuk desain, iPhone Apple 6s Plus layar 5,5 inci resolusi 1.080 x 1.920 piksel (401 ppi pixel density) dengan tipe layar LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors.
Handset terbaru terus desain perusahaan menjadi indah yang merupakan salah satu ponsel Apple terbaik saat ini dan tersedia dalam warna silver, gold, space grey, dan rose gold yang melambangkan keindahan.
Desain yang indah hadir di Nexus 6P dibalut dengan unibody yang elegan berbahan metal, memiliki layar IPS 5,7 inci beresolusi QHD 2560×1440 piksel. Layar sudah mendapatkan proteksi Gorilla Glass 4, dengan kerapatan hingga 538 piksel per inci.
Dibuat dari aluminium anodized dengan chamfers berlian yang mengelilingi tiap sisi, bagian belakang terdapat kamera menangkap gerakan yang cepat dengan intensitas cahaya yang rendah.
Tampilan
iPhone Plus menggunakan LCD IPS LED backlit dengan resolusi 1.080 x 1.920 dpi dan dari 401, sedangkan untuk Nexus 6P lebih mengesankan sebab menggunakan teknologi AMOLED dengan resolusi 1.440 x 2.560 piksel untuk sosok ppi menakjubkan dari 518.
Kedua handset ini menampilkan tampilan layar berukuran 5,7 inci di seluruh diagonal, tetapi layar 6P sedikit lebih besar 0,2 inci dari iPhone.
Sayangnya, iPhone 6s masih menggunakan teknologi LCD usang, dan itu berarti tampak jelas dibandingkan dengan layar resolusi tinggi yang dinamis dari Nexus 6P.
Fitur
Nexus 6P dan iPhone 6s Plus mewakili yang terbaik sebab telah menawarlan banyak fitur dari Google dan Apple. Kedua ponsel ini telah disematkan fitur sensor fingerprint (pembaca sidik jari) meskipun ditempatkan berbeda.
iPhone 6s Plus memiliki fitur 3D Touch, dan itu revolutionises pengalaman touchscreen dengan memberikan pengguna lebih banyak cara untuk berkomunikasi dengan handset mereka.
Sementara Nexus 6P tidak memiliki fitur 3D Touch, namun mendukung port USB Type-C dapat dibolak-balik, pengisi daya baterai Type-C yang cepat dapat menghasilkan masa baterai tujuh jam dalam waktu pengisian selama 10 menit.
Kamera
Urusan mengambil gambar kamera iPhone 6s Plus dan Nexus 6P menggunakan kamera 12 megapiksel, dan keduanya menggunakan nada kilat ganda untuk warna kulit lebih alami.
Nexus 6P dapat menghasilkan gambar (4.608 x 2.592), sedangkan gambar dari iPhone 6s (4.032 x 3.024). iPhone 6s Plus menggunakan kamera 5 megapiksel untuk facetime dan selfies, sedangkan Nexus 6P membawa sensor kamera 8 megapiksel menghadap depan.
Spesifikasi
Mengenai sisi dapur pacunya, kedua handset ini pastinya telah menggunakan teknologi mesin yang terbaik dari produsen Apple dan Google.
Apple telah menempatkan salah satu Chipset A8 buatan Apple sendiri, prosesor dual-core dengan kecepatan 1,4 GHz 64 bit dan RAM 2 GB. Sebaliknya, Google menyiapkan Chipset Qualcomm Snapdragon 810 performa tinggi di Nexus 6P, prosesor quad-core dengan kecepatan 1.55 GHz dan RAM 3 GB.
Untuk daya tahan baterai iPhone 6s Plus memiliki kapasitas baterai 2.915 mAh, sedangkan ponsel garapan Huawei-Google memiliki kapasitas 3.450 mAh memungkinkan pengguna terus menelefon dan mengirim pesan sepanjang hari.
Harga
Dari sisi harga, Nexus 6P dibanderol 449 poundstreling atau sekira Rp9,3 juta untuk versi 32GB, dan versi 64 GB, kemudian versi 128 GB seharga 579 poundsterling.
Sedangkan untuk iPhone 6s Plus jauh lebih mahal dengan mahar 699 pounsterling atau sekira Rp14,5 juta untuk model 64 GB.
Di atas kertas, Nexus 6P mengalahkan iPhone 6s dengan mudah. Seperti banyak ponsel Android, fitur hardware lebih mengesankan daripada rekan iPhone dan untuk harga yang jauh lebih terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar